Mayoritas orang berpikir bahwa produktivitas adalah produk dari motivasi dan juga etos kerja seseorang. Ternyata ada hal lain yang menunjukan produktivitas hasil dari seraingkaian variable yang rumit. Motivasi intrinsic dapat diubah dengan hal hal yang sifatnya sepele. Dengan melihat pemandangan alam, seperti tanaman, sungai yang mengalir, suara germercik air, melihat ikan hias, vetegatasi yang berwarna warni, semua itu akan meningkatkan suasana hati, gairah hidup sehingga akan meningkatkan produktivitas.

Dalam sebuah penelitian dari universitas Queensland bahwa kantor yang memiliki tanaman hias, tingkat produktivitasnya 15% lenih tinggi. Dengan menatap  pemandangan alam sudah cukup membuat otak menjadi rileks dan mengurangi stress. Penelitian menunjukkan  melihat pemandangan memiliki dampak positif, konsentrasi, mood dan produktivitas.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports menemukan bahwa baik pria dan wanita, tak peduli apa pekerjaan dan berapa usianya, secara signifikan melaporkan kesehatan fisik dan psikologis yang lebih baik saat mereka berada di tengah alam setidaknya 2 jam. Para ahli menyebutkan bahwa suasana alam apapun bisa memberikan dampak.  Entah itu taman atau ruang terbuka hijau.

Ada banyak spekulasi dari para ahli soal efek suasana alam ini. Misalnya, paparan ini bisa berperan dalam mengatur sistem saraf otonom dan menurunkan kadar hormone stress serta adrenalin.

Sebagai tambahan saat kita menghirup udara segarnya, beberapa senyawa mikroba tertentu lepas pepohonan dan tanaman lainnya. Senyawa ini disebut phytoncides (pada dasarnya adalah minyak esensial tanaman) memiliki dampak positif pada sistem imun.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *