Bila Anda ingin berlibur, melarikan diri dari segala rutinitas kerja perkotaan, coba tradisi dari Jepang ini, yakni mandi di dalam hutan. Namun, mandi ini tidak melibatkan air.

Sejak 1980-an, pencinta alam dan kesehatan di Jepang, melakukan praktik yang disebut ‘mandi hutan’, atau shinrin-yoku dalam bahasa Jepang. Permandian hutan adalah menghabiskan waktu berkualitas di tengah hutan, tanpa gangguan.

Tidak ada aktivitas tertentu, seperti mendaki, atau mencari pohon tertentu. Tujuan utama mandi hutan adalah melepaskan diri dari semua gangguan luar (tidak diizinkan membawa ponsel) dengan masuk ke dalam hutan dan melihat sekeliling.

Anda bisa menganggap ini sebagai meditasi di alam. Tetapi, tanpa konsentrasi, atau praktik disiplin tertentu untuk meditasi. Peraturan terpenting untuk mandi hutan adalah tidak melakukan apapun.

Manfaat dari mandi hutan adalah mendorong fungsi sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kemampuan untuk fokus, menambah istirahat, dan energi. Menghabiskan waktu di alam telah terbukti dapat meningkatkan jumlah sel “pembunuh alami” tubuh, atau sel baik tubuh.

Ada kelompok-kelompok di seluruh Jepang, untuk memandu orang-orang bersantai berjalan-jalan menyusuri hutan. Tetapi, shinrin-yoku sangat sederhana, sehingga sangat memungkinkan untuk melakukannya sendiri tanpa latihan apapun.

Berdasarkan penuturan para ahli bawa untuk mengambil manfaat mandi hutan tidak harus pergi ke hutan bisa juga di lakukan di ruang terbuka hijau atau di taman-taman rumah.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *